Jumat, 02 Februari 2018

Contoh Panca Maha Butha dalam Kehidupan Sekitar

Contoh Panca Maha Butha dalam Kehidupan Sekitar



v Contoh-contoh Panca Maha Bhuta pada Alam Semesta
        Unsur-unsur panca maha bhuta merupakan unsur dasar pembentuk benda-benda yang ada pada alam semesta, seperti bulan, bintang, pohon, hujan dan yang lainnya. Dalam agama Hindu, makhluk hidup ciptaan Sang Hyang Widhi dikelompokkan menjadi 3 yaitu sebagai berikut :
1.   Kelompok Eka Pramana adalah, makhluk hidup yang hanya memiliki satu kekuatan hidup, yaitu kekuatan vàyu. Adapun makhluk hidup yang tergolong eka pramana adalah :
-        Trana adalah bangsa rumput yang hidup di darat maupun di air. Contohnya : rumput ilalang, rumput teki dan rumput gajah.
-        Lata adalah bangsa tumbuh-tumbuhan yang menjalar pada pohon dan tanah. Contohnya : rotan, semak, dan labu-labuan.
-        Taru adalah bangsa semak dan pepohonan. Contohnya : seruni, meniran, dan daun encok.
-        Gulma adalah bangsa pohon yang bagian dalamnya berongga. Contohnya : mawar, kaktus, teratai.
-        Janggama adalah bangsa tumbuhan yang hidupnya menumpang pada tumbuhan yang lain. Contohnya : mawar, kaktus, dan teratai.
2.   Kelompok Dwi Pramana adalah, makhluk hidup yang dihidupi oleh dua unsur kekuatan yaitu vàyu dan sabda. Adapun makhluk yang tergolong dwi pramana adalah :
-        Swedaya adalah bangsa binatang yang bersel satu yang hidup di air maupun di darat. Contohnya : amoeba, plasmodium sp, dan balantiduim coli.
-        Andaya adalah bangsa binatang yang bertelur yang biasanya hidup di air maupun di darat. Contohnya : ayam, buaya, dan ikan.
-        Jarayudha adalah bangsa binatang yang menyusui. Contohnya : sapi, kucing, dan kuda.
3.   Kelompok Tri Pramana adalah, makhluk hidup yang memiliki tiga kekuatan hidup yauitu vàyu, sabda, dan idep. Adapun makhluk yang tergolong tri premana adalah :
-        Nara Marga adalah manusia setengah binatang.
-        Wamana adalah manusia kerdil.
-        Jatma adalah manusia yang paling sempurna.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar